Kamis, 01 Maret 2012

MENGUJI RAMBUT

Untuk mengetahui rambut sehat atau rambut yang seharusnya mendapat perawatan intensif dapat dilakukan dengan cara – cara yang mudah ( dilakukan sendiri ).
Berikut ini cara untuk merawat rambut sndiri. Jika ranbut tidak dapat ditata sebagaimana mestinya, maka cobalah menguji kesehatan rambut untuk mendapatkan rambut sesuai dengan keinginan.
1)  Uji bentuk rambut :
Cuci atau keramasilah rambut lalu keringkan. Lalu angkatlah rambut dengan tangan. Apakah rambut terasa lemas dan baik, atau sebaliknya terasa lengket di kepala. Jika demikian rambut perlu perhatian khusus.
2)  Uji otot rambut :
Tariklah rambut menjauhi kepala dan lihat atau lewatkan di kaca pembesar. Apakah ujung rambut membengkok atau bertebarab di permukaan yang rata. Jika rambut terasa kasar dan rapuh saat di pegang, menandakan rambut kurang protein. Perbanyak dengan makan telur, sayur atau kacang-kacangan ( yang mengandung protein ).
3)  Uji kerenggangan rambut :
Sebagian rambut dipegang di antara kedua jari lalu ditarik. Bila tidak merenggang, berarti rambut terlalu kering. Perbanyak memberikan pelembab pada rambut. Gunakan conditioner.
4)  Uji rambut melayang :
Terlebih dulu sisir rambut sampai halus. Apakah rambut dapat melayaang? Jika terkena angin yang mengakibatkan rambut menjadi awut-awutan, pertanda rambut kering.
5)  Uji gerakan rambut :
Putarlah kepala dengan hati-hati ke kiri dan ke kanan. Amati ke mana arah jatuh rambut, jika rambut kembali ke posisi semula berarti anda telah mempunyai potongan dan rambut yang ideal/bagus.
6)  Uji ketahanan rambut :
Rambut disisir setelah melakukan olahraga. Jika rambut acak-acakan setelah aktivitas maka harus diberi haesspry.
7)  Uji klorine :
Uji coba klorine dapat dilakukan di kolam renang. Karena kolam renang banyak mengandung klorine. Air yang mengandung banyak klorine akan membuat rambut rontok. Jika rambut seperti itu sebaiknya setelah berenang, keramasilah rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar